Tuesday, 28 February 2012

Home » » Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

Iman Kepada Rasul-Rasul Allah

Bagikan:
Print This Page



Baiklah saya akan sedikit membagikan ilmu agama kita mengenai Iman Kepada Rasul-Rasul Allah. Ada yang tahu apa yang dimaksud dengan Iman kepada Rasul dan siapa saja sih Rasul-Rasul Allah itu?
Disini kita akan membahasnya. Cekidot!

Pengertian dan pentingnya beriman kepada Rasul-Rasul Allah SWT.

            Yang dimaksud dengan beriman kepada Rasul-Rasul Allah adalah percaya dengan sepenuh hati bahwa Allah telah mengutus Rasul-Rasul-Nya agar menyampaikan wahyu Allah pada menusia serta mengajak mereka pada kebaikan dan jalan yang diridhai oleh Allah.


            Nah, ada yang tau iman kepada Rasul itu Rukun iman yang ke berapa sih?
            Yap betul, iman kepada Rasul adalah salah satu rukun iman yang ke-4, sehingga berdosa apabila kita tidak mengimaninya. Rasul diutus oleh Allah SWT. Memiliki sebuah tujuan yaitu menyampaikan berita gembira , kebenaran dan mengajarkan kepada manusia tentang hakikat hidup yang sebenarnya. Dalam hal beriman kepada Rasul ini kita tidak boleh mengagungkan salah satu Rasul dengan mengingkari Rasul lainnya. Artinya harus ada kesetaraan dalam pengimanan terhadap Rasul lainnya. Harus pula ada kepercayaan bahwa semua Rasul diutus oleh Allah SWT. Untuk menyampaikan kebenaran.
            Berkaitan dengan kewajiban mengimani Rasul-Rasul Allah ini dijelaskan dalam QS. Al-Baqarah ayat 117 sebagai berikut:



Artinya: “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi …” (Al-Baqarah: 177)

     Seperti halnya manusia biasa, para Rasul juga memiliki sifat-sifat kemanusiaan. Mereka memiliki nyawa, nafsu dan keinginan. Hal yang membedakan Rasul dengan manusia pada umumnya yaitu Allah menurunkan wahyu kepada para Rasul dan perintah untuk menyampaikannya pada manusia lain atau umatnya.
          Betapa penting keberadaan Rasul bagi kehidupan kita, sebab tanpa dia kita bisa tersesat. Rasulullah SAW. Adalah perantara Allah yang mengajarkan bagaimana kita hatis beribadah kepada Allah SWT. dia yang menuntun manusia kepada kunci keimanan dan ketaqwaan pada Allah, maka kita wajib bersyukur atas nikmat ini.
           Alhamdulillah
       Allah mengutus seorang Rasul bagi tiap-tiap umat manusia. Hal ini sesuai dengan Firman Allah dalam Al-qur’an surat An-Nahl ayat 36, sebagai berikut:

  
Artinya: “Dan sungguhnya Kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut[826] itu", …” (An-Nahl: 36)

[826] Thaghut ialah syaitan dan apa saja yang disembah selain dari Allah SWT.

Nah temen-temen, orang-orang yang mensyukuri nikmat adalah orang yang bisa memanfaatkan nikmat tersebut dengan baik sesuai syari’at. Adanya Rasul termasuk  nikmat dari Allah. Dengan adanya beliau, hidup kita menjadi lebih baik dan terarah. Maka dari itu, patuhilah Rasul sebagai salah satu wujud ketaatan kita pada Allah pula.

Pengen tau juga nama-nama Rasul Allah yang wajib kita ketahui? Silakan klik disini.
Semoga bermanfaat. ^_^

hamba mohon ridho-mu

Artikel Terkait "Aqidah Akhlak"

Bukan yang anda cari? Cari lagi di sini:


Terimakasih telah singgah di hambamohon.com. Kamu baru saja membaca artikel tentang Iman Kepada Rasul-Rasul Allah. Jika menurut kamu artikel tentang Iman Kepada Rasul-Rasul Allah ini bermanfaat, silahkan copy dan bagikan. Namun jangan lupa untuk menyertakan sumber di bawah ini:




Silahkan Beri Komentar Untuk Artikel Tentang "Iman Kepada Rasul-Rasul Allah"



 
Home | About Me | Contact Me | Sitemap | Quran | Privacy Policy | TOS
Powered By: Blogger and Cyber-K - Template Created by Lasantha, Published by Premium Blogger Themes, Redesigned by Yana Suryana
© 2013 Hamba Mohon Ridho-Mu - All Rights Reserved
Saya Yahoo!