Thursday, 14 February 2013

Home » , » Janganlah Kamu Takabur

Janganlah Kamu Takabur

Bagikan:
Print This Page
Mari berdoa dan bersedekah untuk Gaza

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Selamat pagi untuk semua saudaraku dimanapun kamu berada.
Setelah selesai memposting artkel Animasi Islami
Kali saya akan membahas artikel tentang Takabur
Apa sih yang dimaksud dengan Takabur? Takabur adalah suatu perasaan di dalam hati seseorang, bahwa dirinya lebih baik dari orang lain.


article

Di dalam hadits diterangkan, bahwa yang dinamakan takabur bukanlah karena senang terhadap pakaian yang bagus-bagus. tetapi yang dimaksud takabur adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia. Nabi telah bersabda:
"Bersumber dari Abdullah bin Mas'ud r.a dari Nabi s.a.w beliau bersabda: "Tidak akan masuk surga, orang yang di dalam hatinya ada sedikit rasa takabur." Seseorang berkata: "Sesungguhnya seorang laki-laki akan senang jika pakaiannya indah dan sandalnya bagus." Nabi bersabda: "Sesungguhnya Allah itu Maha Indah dan suka keindahan. Takabur adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia." (H.R. Muslim)

Bagi para pelajar wajib menjauhi sifat takabur atau sombong ini, karena sombong adalah pantangan ilmu. Biasanya orang yang merasa ilmunya sudah tinggi, dia akan takabur atau sombong. Ilmu adalah cahaya Allah, niscaya tidak akan diberikan kepada orang yang sombong. Sedangkan sombong atau takabur adalah sifat yang hanya dimiliki oleh Allah. Penyair berkata:
"Ilmu adalah musuh pemuda yang besar kepada (sombong) laksana banjir pantangan tempat tinggi"

Sebagai pelajar pasti menghendaki ilmu yang bermanfaat, maka seharusnya menjauhi dan meninggalkan sifat tersebut. Sifat takabur itu dapat juga menimbulkan keras hati dan sukar untuk menerima pelajaran. Sering terjadi bahwa pelajar sukar menerima pelajaran bahkan sampai putus harapan, disebabkan oleh sifat diatas. Coba hal yang semacam itu dikoreksi pada pribadi masing-masing, pernahkan saya takabur? Allah telah berjanji dalam kitab-Nya akan mengunci hati orang yang takabur:
"Demikianlah Allah mengunci mati hati manusia orang yang sombong dan sewenang-wenang." (Q.S Al-Mu'min, ayat 35)

Perbuatan ini kebanyakan dilakukan oleh orang kaum 'Aad. Sebagaimana firman Allah:
"Adapun kaum 'Aad maka mereka menyombongkan diri di muka bumi tanpa aslasan yang benar dan berkata: "Siapakan yang lebih kekuatannya dari kami?". Dan apakah mereka itu tidak memperhatikan bahwa Allah yang menciptakan mereka adalah lebih kekuatannya dari mereka? Dan adalah mereka mengingkari tanda-tanda (kekuatan) Kami".
(S. Fushshilat, ayat 15)

Allah telah melarang orang berbuat sombong di muka bumi ini dengan firman-Nya:
"Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong; sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung". (Q.S Al-Israa', ayat 37)

Dan perlu ingat bahwa orang takabur tidak akan dicintai oleh Allah Ta'ala, sebagaimana firman-Nya dalam Al-Qur'an:
"Sesungguhnya Allah tidak akan menyukai orang-orang yang sombong". (Q.S An-Nahl, ayat 23)


Sekian dulu ya sobat. Semoga dengan artikel ini membuat kita tidak sombong atau takabur kepada orang lain terutama kepada Allah Subhaanahu Wa Ta'ala. Aamiin

Bagaimana pendapatmu?

hamba mohon ridho-mu

Artikel Terkait "Aqidah Akhlak, Renungan Hati"

Bukan yang anda cari? Cari lagi di sini:


Terimakasih telah singgah di hambamohon.com. Kamu baru saja membaca artikel tentang Janganlah Kamu Takabur. Jika menurut kamu artikel tentang Janganlah Kamu Takabur ini bermanfaat, silahkan copy dan bagikan. Namun jangan lupa untuk menyertakan sumber di bawah ini:




Silahkan Beri Komentar Untuk Artikel Tentang "Janganlah Kamu Takabur"



 
Home | About Me | Contact Me | Sitemap | Quran | Privacy Policy
Powered By: Blogger and Cyber-K - Template Created by Lasantha, Published by Premium Blogger Themes, Redesigned by Yana Suryana
© 2013 Hamba Mohon Ridho-Mu - All Rights Reserved
Saya Yahoo!