Sunday, 14 July 2013

Home » , » Cara Menghilangkan Iri Hati Terhadap Orang Lain

Cara Menghilangkan Iri Hati Terhadap Orang Lain

Bagikan:
Print This Page

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

Selamat siang untuk semua saudaraku. Selamat menjalankan rutinitas masing-masing. Semoga Allah selalu membukakan pintu rezeki kita.
Di pagi yang cerah tadi, saya mendapatkan SMS dari salah satu teman saya. Ia bertanya, bagaimana cara menghilangkan iri hati terhadap seseorang? Kemudian saya berfikir sejenak dan mencari jawaban yang pas agar tidak menyakiti hatinya. Kemudian saya pun mencari solusi dengan menggunakan ayat Al-Quran. Dan saya menemukannya.
Anda pasti sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan iri?
Ya, iri adalah rasa cemburu pada hati manusia; cemburu atas apa yang orang lain miliki, sedangkan kita tidak. Orang lain mendapatkan lebih, sedangkan kita tidak, orang lain jabatannya tinggi sedangkan kita tidak, orang lain punya mobil sedangkan kita tidak. Sehingga menimbulkan iri. Iri merupakan salah satu penyakit hati yang harus di hilangkan. Karena iri akan sangat berbahaya untuk diri kita sendiri bukan untuk orang lain.

cara menghilangkan iri hati terhadap seseorang
Stop Iri Hati


Saya pernah mendengar ceramah dari Ustadz Aa Gym. Yang ia mengatakan, dari beberapa penyakit hati salah satunya adalah iri. Dimana orang yang iri hidupnya akan tersiksa. Ya, tersiksa memikirkan apa yang tidak ia miliki. Sedangkan orang yang dipikirkannya biasa-biasa saja, senang-senang saja. Bagaimana tidak, orang yang iri rajin memikirkannya saat makan, saat berpergian, saat mencuci, saat mandi dan kapanpun itu. Sedangkan orang yang dipikirkannya tidak berpengaruh sama sekali.



Berikut ini adalah surat dari Al-Quran yang menjelaskan tentang iri hati:

"Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karunia) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."
(Silahkan buka Surat An-Nisa ayat 32)

Dari ayat Al-Quran di atas sudah jelas, bahwa setiap manusia pasti memiliki bagiannya masing-masing, tergantung apa yang kita usahakan. Allah telah memberikan karunia-Nya kepada orang-orang yang memang berusaha untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan baik laki-laki maupun perempuan. Semua sudah ada bagiannya. Tidak usah kita iri hati.

Namun ada pengecualian untuk hal ini. Kita boleh iri hati kepada orang lain yang memang dia mendapakatkan lebih. Contohnya, Abdul adalah seorang siswa yang selalu mendapatkan nilai bagus. Dia selalu rangking 1 karena Abdul rajin belajar, berlatih dan berdoa di rumahnya. Nah, untuk hal seperti itu, kita boleh iri hati terhadap Abdul, kemudian berpikirlah bagaimana caranya agar bisa seperti Abdul, maka ikutilah cara yang dilakukan Abdul. Dengan kita rajin belajar, rajin berlatih, dan berdoa. Niscaya, kita pun akan mendapatkan hal yang sama seperti Abdul.

Dari cerita tadi, iri hati terhadap seseorang bisa kita bagi menjadi dua akibat, yaitu:
  1. Akan menyiksa diri kita sendiri. Akibat yang akan ditimbulkan oleh iri hati ini adalah tersiksa batin, badan, dan waktu hanya untuk memikirkan orang yang dipikirkannya (negatif). Tidak berusaha dan bekerja keras untuk menjadi seperti orang yang dipikirkannya. Jika iri hati ini berlanjut, maka akan menyebabkan masalah kemana-mana. Seperti, mengadu domba, memfitnah, dan berbicara yang bukan sebenarnya kepada orang lain.
  2. Akan menjadikan kita seperti orang lain. Akibat yang akan ditimbulkan oleh iri hati ini adalah positif. Dengan ia berusaha, bekerja keras, belajar, dan berdoa agar bisa seperti orang lain yang sukses misalnya. Tentu hal ini adalah baik untuknya. Bukan dengan mengadu domba, memfitnah dan berbicara yang bukan sebenarnya. Tetapi dengan usaha dan kerja keras yang ia lakukan.
Dari ulasan di atas, maka saya dapat menyimpulkan dan mengambil hikmahnya, bagaimana cara menghilangkan iri hati terhadap orang lain.
Berikut adalah beberapa tips dan cara menghilangkan sifat iri hati (negatif):
  1. Sibukkan diri dengan mendekatkan diri kepada Allah. Tentu hal ini dapat melupakan dan mengubur dalam-dalam sifat iri hati kita. Dengan menyibukkan diri untuk mendekatkan diri kepada Allah akan membuat kita lupa dan tidak ada waktu untuk iri hati terhadap orang lain.
  2. Harmonis dengan orang tua. Kehidupan sebagai anak manusia pasti tidak akan terlepas dari orang tua. Orang tua adalah sumber kekuatan. Mintalah nasihat dan solusi kepada mereka.
  3. Cobalah mencari kesibukkan lain. Sama halnya dengan yang pertama, dengan mempunyai aktivitas lain seperti berolahraga, fitness, rekreasi, rihlah, belajar, dan hal lainnya. Kerjakanlah aktivitas/rutinitas kita sehingga kita lupa untuk iri hati kepada orang lain.
  4. Jadilah diri sendiri. Kebanyakan orang yang iri adalah orang yang tidak menjadi diri sendiri. Artinya, kita harus belajar dewasa dan memahami siapa dan apa kelebihan kita. Tidak usahlah iri hati, lihat dan tunjukkan kelebihan kita.
  5. Berkumpul dengan orang yang baik. Teman adalah tempat yang pas untuk berbagi, baik itu pengalaman, curahan hati, dan seputar masa depan. Carilah teman yang baik tentunya, karena teman yang baik tidak akan membuat kita semakin tertekan. Justru dia akan memberikan solusi dan nasihat yang terbaik untuk kita.

Dari ulasan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa iri hati bisa menjadi sangat berbahaya dan menyiksa batin kita sendiri. Tentu akan menimbulkan perpecahan jika kita tidak mampu menahan penyakit hati ini. Kemudian iri hati juga bisa menimbulkan hal yang positif jika kita berusaha, kerja keras, dan berdoa bisa membuat kita meraih apa yang kita inginkan.
Demikianlah Cara Menghilangkan Iri Hati Terhadap Orang Lain. Semoga Allah memelihara hati dan pikiran kita dari sifat iri hati. Aamiin
Semoga bermanfaat.

hamba mohon ridho-mu

Artikel Terkait "Aqidah Akhlak, Renungan Hati"

Bukan yang anda cari? Cari lagi di sini:


Terimakasih telah singgah di hambamohon.com. Kamu baru saja membaca artikel tentang Cara Menghilangkan Iri Hati Terhadap Orang Lain. Jika menurut kamu artikel tentang Cara Menghilangkan Iri Hati Terhadap Orang Lain ini bermanfaat, silahkan copy dan bagikan. Namun jangan lupa untuk menyertakan sumber di bawah ini:




Silahkan Beri Komentar Untuk Artikel Tentang "Cara Menghilangkan Iri Hati Terhadap Orang Lain"



 
Home | About Me | Contact Me | Sitemap | Quran | Privacy Policy | TOS
Powered By: Blogger and Cyber-K - Template Created by Lasantha, Published by Premium Blogger Themes, Redesigned by Yana Suryana
© 2013 Hamba Mohon Ridho-Mu - All Rights Reserved
Saya Yahoo!